close

Rabu, 19 September 2012

Seni dan Budaya


Apresiasi Seni Indonesia Bali

Seni di Indonesia banyak, lukisan diIndonesia merupakan karya seni yang unik khususnya seni lukis Bali. Lukisan-lukisan Bali rumit dan ekspresif yang cukup terkenal dan sering mengungkapkan pemandangan alam dan tema dari tarian tradisional. Sebuah tradisi lama patung juga dapat dilihat dalam seni dan budaya Indonesia, beberapa dating kembali ke Zaman Perunggu dan Besi. Contoh patung yang menggambarkan kisah kehidupan Buddha dapat dilihat di kuil-kuil dari 8 dan abad ke-10. seni dan budaya di Indonesia juga terkenal untuk batik yang unik, tenun ikat dan kain songket yang bahkan populer saat ini.Tidak seperti beberapa bentuk seni negara di Indonesia tidak hanya didasarkan pada cerita rakyat, karena banyak dikembangkan di pengadilan bekas kerajaan seperti di Bali, di mana mereka adalah bagian dari upacara keagamaan.
Drama tari yang terkenal dari Jawa dan Bali berasal dari mitologi Hindu dan sering menampilkan fragmen dari Ramayana dan Mahabharata epos Hindu. Sangat bergaya dalam gerakan dan kostum, tarian dan "wayang" drama disertai dengan orkestra penuh "gamelan" yang terdiri dari xylophone, drum, gong, dan dalam kasus string beberapa instrumen dan seruling. xylophone Bambu digunakan di Sulawesi Utara dan bambu "angklung" instrumen Jawa Barat terkenal karena catatan mereka yang unik denting yang dapat disesuaikan dengan melodi apapun. "Wayang kulit" (wayang kulit) Jawa dilakukan dengan wayang kulit yang diselenggarakan oleh dalang, yang narates kisah dari salah satu episode terkenal dari epos Hindu, Mahabharata atau Ramayana.
Hal ini dilakukan terhadap layar putih dengan lentera di latar belakang cetakan bayang-bayang karakter di layar, terlihat dari sisi lain di mana para penonton yang duduk. "Wayang Golek" (boneka kayu) Jawa Barat didasarkan pada konsep yang sama. Kerajinan dari Indonesia bervariasi baik dalam bentuk media dan seni. Secara keseluruhan orang-orang yang artistik dengan alam dan mengekspresikan diri di atas kanvas, kayu, tanah liat logam, dan batu. Proses batik waxing dan pencelupan berasal dari Jawa berabad-abad lalu dan desain klasik telah dimodifikasi dengan tren modern di kedua pola dan teknologi.
Ada beberapa pusat batik di Jawa, yang utama menjadi Yogyakarta, Surakarta, Pekalongan dan Cirebon. Batik juga diproduksi di beberapa daerah lain seperti di Bali dimana desain lokal digabungkan. Provinsi lainnya memproduksi kain tenunan tangan benang emas dan perak, sutra atau katun dengan desain rumit. Lukisan sangat banyak di seluruh negeri, baik tradisional dan kontemporer, ukiran kayu untuk hiasan dan furniture, perak dan ukiran bentuk Yogyakarta dan Sumatera, filgree dari Sulawesi Selatan dan Bali dengan gaya yang berbeda dari tanah liat, batu pasir dan patung-patung kayu. Ini adalah tetapi beberapa bentuk kerajinan tangan yang ditemukan di Indonesia.


Nilai-nilai budaya Bali terdiri dari:
1. Nilai tata krama : yaitu kebiasaan sikap sopan santun yang di sepakati dalam lingkungan pergaulan antar manusia di dalam kelompoknya.
2. Nilai Nguopin : gotong royong antar masyarakat yang ada di Bali.
3. Nilai Ngayah atau ngayang : Berupa kerja bakti yang tujuannya untuk keperluan agama.
4. Nilai Sopan santun : Kebudayaan bali berupa adat hubungan dalam sopan santun dalam pergaulan terhadap orang-orang yang berbeda sex.


Berikut ini merupakan daftar kebudayaan di pulau Bali yang meliputi rumah adat bali, musik Bali, pakaian daerah serta yang berkaitan dengan seni budaya Bali.

Musik
Rumah bagi ratusan bentuk musik, memainkan peran penting dalam seni dan budaya Indonesia. Jejak asal-usulnya dapat dibuat ke pulau Jawa, Sumatera dan Bali. 'Gamelan' adalah musik tradisional dari Tengah dan Jawa Timur dan Bali. Lain gaya yang sangat populer musik adalah 'Dangdut' yang disertai dengan gaya tari gratis. Gaya ini pertama kali muncul di tahun 1970 dan cukup berguna dalam kampanye politik. Bentuk lain dari musik termasuk keroncong dengan berakar di Portugal, musik Sasando lunak dari Timor Barat dan Degung dan Angklung dari Jawa Barat, yang dimainkan dengan instrumen bambu.

Tari
Tarian tradisional yang menggambarkan episode dari Ramayana dan Mahabharata dari India. semburat Jawa dan tradisional Bali juga terlihat dalam bentuk seni tari dan budaya Indonesia. Tarian yang sangat bergaya pengadilan Yogyakarta dan Surakarta adalah beberapa variasi populer. kejadian mitologis dari Indonesia juga digambarkan.

Drama dan Teater
'Wayang kulit' The wayang Jawa dan Bali pertunjukan teater menampilkan beberapa acara mitologis. Sebuah teater rakyat tradisional, Randai dari orang-orang Minangkabau Sumatera Barat, yang dilakukan selama upacara dan festival. Musik, menyanyi, tari, drama dan seni bela diri silat adalah semua dimasukkan bersama dan didasarkan pada kisah-kisah legenda.

Arsitektur
budaya Indonesia, terutama arsitekturnya telah untuk sebagian besar didominasi dan dipengaruhi oleh India, meskipun pengaruh Eropa juga telah sangat kuat sejak abad kesembilan belas. bangunan tradisional di Indonesia dibangun di atas panggung dengan atap pelana besar yang telah menjadi rumah Batak dan Toraja. The Toraja menggunakan tanduk kerbau, ditumpuk satu di atas lain di depan rumah sebagai indikasi status. Adegan dari Ramayana menghiasi dinding luar dalam warna berbeda. Namun, Cina, Arab, dan pengaruh arsitektur Eropa juga telah cukup signifikan dalam arsitektur Indonesia.

Pakaian Daerah Bali
Pakaian yang berasal dari daerah Bali memiliki banyakt bervariasi, meskipun terkadang secara selintas kelihatannya sama. Di setiap daerah di Bali memiliki ciri khas simbolik dan juga ada ornamen, berdasarkan kegiatan/upacara, jenis kelamin dan umur penggunanya. Dengan melihat hal tersebut di atas bisa di lihat bagaimana status sosial serta status ekonomi seseorang di Bali yaitu dengan mengetahui jenis corak busana dan ornamen perhiasan apa yang dipakainya.


Seni Tradisional Bali
Seni kebudayaan seperti tari Bali pada umumnya di bagi menjadi tiga kategori, diantaranya adalah wali atau seni yaitu tari pertunjukan sakral, bebali atau seni tari pertunjukan yang biasanya untuk upacara dan juga sering di tampilkan untuk untuk pengunjung yang datang ke Bali serta balih-balihan atau seni tari yang sifatnya untuk hiburan. Salah satu jenis seni tarian yang ada di Balidan sangat populer bagi para wisatawan adalah Tari Kecak.

Seni Musik Bali
Jenis musik tradisional Bali sebetulnya memiliki kesamaan dengan musik tradisional yang ada di banyak daerah lainnya di Indonesia. tapi terdapat ciri khas dalam teknik memainkan dan gubahannya yaitu dalam bentuk kecak. Seni kecak yaitu sebentuk nyanyian yang konon menirukan suara kera. Alat musik tradisional di Bali adalah, Gamelan, Jegog, serta Genggong.

Rumah Adat Bali
Jenis Rumah Adat Bali harus sesuai dengan aturan Asta Kosala Kosali seperti layaknya Feng Shui dalam Budaya China.
Masyarakat Bali memiliki filosofi berupa kedinamisan dalam hidup akan tercapai apabila terwujudnya hubungan yang harmonis antara aspek pawongan, palemahan dan parahyangan. Sehingga dalam pembangunan sebuah rumah harus memperhatikan aspek-aspek tersebut atau yang biasa di namakan masyarakat Bali dengan Tri Hita Karana. Pawongan bermakna para penghuni rumah. Sedangkan Palemahan berarti harus ada hubungan yang baik antara penghuni rumah dan lingkungannya.
Hampir setiap bangunan atau arsitektur tradisional yang ada daerah Bali selalu dipenuhi dengan banyak hiasan berupa ukiran, peralatan, serta pemberian warna. Hal tersebut ternyata mengandung arti tertentu sebagai ungkapan keindahan simbol-simbol dan penyampaian komunikasi.

Lukisan Tradisional
lukisan tradisional , setia menggambarkan dan mitologi simbolisme keagamaan, dan modern bertemu dengan lukisan Barat, melahirkan lukisan kontemporer, bebas dalam topik kreatif belum kuat dan berciri khas Bali. Its tari, musik, dan teater wayang, sedangkan telah terus-menerus diperkaya oleh kesenian kontemporer dan eksternal, masih sarat dengan konotasi agama, kebanyakan dilakukan untuk meredakan dan untuk menyenangkan para dewa dan dewi. Ukiran kayu dan batu, emas dan perak kerajinan paralel perkembangan lukisan, anggun berkembang dengan kekuatan eksternal untuk meningkatkan karakter mereka. Batik Bali berutang asalnya ke Jawa, dan terinspirasi pengembangan ikat dan ikat ganda .

3 komentar:

  1. Review Sharing Blog | Men Inside Blog

    BalasHapus
  2. bangga jd warga Indonesia ,punya bnyak budaya :D

    BalasHapus
  3. Sipp kawan, perbedan budaya menjadi kebanggaan tersendiri :)

    BalasHapus

Silahkan berkomentar :D