Catatan Puisi

close

Sabtu, 29 September 2012

Komputer dan Sejarahnya


DIFINISI KOMPUTER
Komputer berasal dari bahasa latin yaitu computare
Yang artinya Mengihitung.
Komputer dapat di Definisikan yaitu suatu rangkaian elektronik yang berfungsi menerima input,memproses input, menyimpan hasil pemrosesan, dan menghasilkan output atau informasi. Komputer juga dapat diartikan sebagai alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan.
Sedangkan fungsi komputer adalah:
1. Sebagai sarana untuk pemrosesan data
2. Sebagai sarana komunikasi
3. Sebagai sarana informasi
4. Sebagai sarana media pendidikan
5. Sebagai sarana untuk pendukung transaksi bisnis
6. Sebagai sarana kontrol sosial
7. Sebagai sarana hiburan dan bersosialisasi
8. Sebagai sarana iklan usaha atau bisnis dan lain- lain

Kompenen Komputer :
HARDWARE ( Perangkat Keras )
SOFTWARE (Perangkat Lunak )
BRAINWARE ( User / Pemakai )


SEJARAH KOMPUTER
Sejak zaman dahulu, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik (mechanical and electronic) untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Computer Yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat Mekanik (mechanical) maupun elektronik(electronic).
Sejarah Komputer menurut periodenya adalah:
Alat Hitung Tradisional dan Kalkulator Mekanik
Komputer Generasi Pertama
Komputer Generasi Kedua
Komputer Generasi Ketiga
Komputer Generasi Keempat
Komputer Generasi Kelima

ALAT HITUNG TRADISIONAL dan KALKULATOR MEKANIKA
• Alat Hitung Abacus (5000 tahun yg lalu )
Abacus adalah alat bantu pertama untuk penghitungan matematis. Satu-satunya yang berharga darinya adalah ia hanya membantu ingatan manusia yang mengerjakan penghitungan. Seorang operator abacus yang terlatih dapat bekerja dengan penjumlahan dan pengurangan dalam kecepatan yang sama dengan seseorang yang menggunakan kalkulator tangan (perkalian dan pembagian lebih lambat).
Pada tahun 1642 Blaise Pascal, pada usia 19 tahun, menemukan Pascaline sebagai alat bantu untuk ayahnya yang seorang penagih pajak. Pascal membuat 50 dari penghitung satu fungsi yang digerakkan roda gigi ini (hanya bisa menjumlahkan) tapi tidak bisa menjualnya dengan banyak karena ongkos pembuatannya yang tinggi dan karena alat tersebut tidak begitu akurat, saat itu tidak memungkinkan untuk membuat roda gigi dengan ke-presisian yang diinginkan.
Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi.
Tahun 1820, kalkulator mekanik mulai populer. Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I.

Komputer Generasi Pertama
Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer Z3, untuk mendisain pesawat terbang dan peluru kendali. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu mempengaruhi
Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil,komputer itu adalah The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator
The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks
[1907-1980], Electronic Numerical Integrator and Computer singkatannya adalah ENIAC, yang diciptakan berkat kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Komputer ENIAC terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer ENIAC merupakan komputer yang sangat besar ia membutuhkan daya sebesar 160kW.
Komputer ENIAC dirancang oleh John Presper Eckert [1919-1995] dan John W. Mauchly [1907-1980], ENIAC merupakan komputer serbaguna [general purpose computer] yang mampu bekerja 1000 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan komputer Mark I. John von Neumann [1903-1957] bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usaha menciptakan konsep disain komputer yang sampai 40 tahun yang akan datang masih dapat digunakan dalam teknik komputer.
Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer [EDVAC] pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data. Cara ini memungkinkan komputer dapat berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya lagi. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU),
Pada tahun 1951, UNIVAC I atau kepanjangannya adalah Universal Automatic Computer I yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann itu.
Karakteristik Komputer Generasi pertama
- Menggunakan tabung hampa, dan cepat panas
- Instruksi Operasi di buat secara spesifik, sehingga mengakibatkan proses operasinya lambat
- Setiap komputer memiliki program kode-biner yg berbeda yg disebut dgn bahasa mesin “machin Language”
- pemakaian tube vakum (yang menjadikan komputer pada masa itu tampak berukuran sangat besar) dan silinder magnetik yang berfungsi untuk sebagai penyimpan data.

Komputer Generasi ke II
Generasi kedua. Tahun 1948, penemuan transistor sangat berpengaruh terhadap perkembangan komputer masa itu. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. sehingga mengakibatkan, berubahnya ukuran mesin-mesin elektrik yang tadinya berukuran besar menjadi ukuran yang lebih kecil.
pada tahun 1956 Transitor mulai dipakai dalam teknologi komputer, Mesin pertama yang dapat memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM menciptakan superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC
Mesin komputer LARC itu sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga kepopulerannya menjadi terbatas. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan ; yaitu satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya ada di US Navy Research and Development Center di Washington D.C
Komputer generasi kedua ini telah menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner pada awal tahun 1960-an, mulailah bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya telah menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.

Komputer Generasi ke III
di tahun 1958. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC: integrated circuit) IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.
Kemajuan Komputer Generasi III
- Kompenen2 dijadikan dalam satu chip tunggal yg disebut semikonduktor
- Operating System

Komputer Generasi IV
Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukuran setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer.
Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yangsangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).

Komputer Generasi ke V
Kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Ada dua kemajuan rekayasa jaitu kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann.
Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri. Karena masih sekedar imajinasi, kita tunggu perkembangan komputer selanjutnya yang lebih valid.
« Baca Selengkapnya »

Rabu, 19 September 2012

Seni dan Budaya


Apresiasi Seni Indonesia Bali

Seni di Indonesia banyak, lukisan diIndonesia merupakan karya seni yang unik khususnya seni lukis Bali. Lukisan-lukisan Bali rumit dan ekspresif yang cukup terkenal dan sering mengungkapkan pemandangan alam dan tema dari tarian tradisional. Sebuah tradisi lama patung juga dapat dilihat dalam seni dan budaya Indonesia, beberapa dating kembali ke Zaman Perunggu dan Besi. Contoh patung yang menggambarkan kisah kehidupan Buddha dapat dilihat di kuil-kuil dari 8 dan abad ke-10. seni dan budaya di Indonesia juga terkenal untuk batik yang unik, tenun ikat dan kain songket yang bahkan populer saat ini.Tidak seperti beberapa bentuk seni negara di Indonesia tidak hanya didasarkan pada cerita rakyat, karena banyak dikembangkan di pengadilan bekas kerajaan seperti di Bali, di mana mereka adalah bagian dari upacara keagamaan.
Drama tari yang terkenal dari Jawa dan Bali berasal dari mitologi Hindu dan sering menampilkan fragmen dari Ramayana dan Mahabharata epos Hindu. Sangat bergaya dalam gerakan dan kostum, tarian dan "wayang" drama disertai dengan orkestra penuh "gamelan" yang terdiri dari xylophone, drum, gong, dan dalam kasus string beberapa instrumen dan seruling. xylophone Bambu digunakan di Sulawesi Utara dan bambu "angklung" instrumen Jawa Barat terkenal karena catatan mereka yang unik denting yang dapat disesuaikan dengan melodi apapun. "Wayang kulit" (wayang kulit) Jawa dilakukan dengan wayang kulit yang diselenggarakan oleh dalang, yang narates kisah dari salah satu episode terkenal dari epos Hindu, Mahabharata atau Ramayana.
Hal ini dilakukan terhadap layar putih dengan lentera di latar belakang cetakan bayang-bayang karakter di layar, terlihat dari sisi lain di mana para penonton yang duduk. "Wayang Golek" (boneka kayu) Jawa Barat didasarkan pada konsep yang sama. Kerajinan dari Indonesia bervariasi baik dalam bentuk media dan seni. Secara keseluruhan orang-orang yang artistik dengan alam dan mengekspresikan diri di atas kanvas, kayu, tanah liat logam, dan batu. Proses batik waxing dan pencelupan berasal dari Jawa berabad-abad lalu dan desain klasik telah dimodifikasi dengan tren modern di kedua pola dan teknologi.
Ada beberapa pusat batik di Jawa, yang utama menjadi Yogyakarta, Surakarta, Pekalongan dan Cirebon. Batik juga diproduksi di beberapa daerah lain seperti di Bali dimana desain lokal digabungkan. Provinsi lainnya memproduksi kain tenunan tangan benang emas dan perak, sutra atau katun dengan desain rumit. Lukisan sangat banyak di seluruh negeri, baik tradisional dan kontemporer, ukiran kayu untuk hiasan dan furniture, perak dan ukiran bentuk Yogyakarta dan Sumatera, filgree dari Sulawesi Selatan dan Bali dengan gaya yang berbeda dari tanah liat, batu pasir dan patung-patung kayu. Ini adalah tetapi beberapa bentuk kerajinan tangan yang ditemukan di Indonesia.


Nilai-nilai budaya Bali terdiri dari:
1. Nilai tata krama : yaitu kebiasaan sikap sopan santun yang di sepakati dalam lingkungan pergaulan antar manusia di dalam kelompoknya.
2. Nilai Nguopin : gotong royong antar masyarakat yang ada di Bali.
3. Nilai Ngayah atau ngayang : Berupa kerja bakti yang tujuannya untuk keperluan agama.
4. Nilai Sopan santun : Kebudayaan bali berupa adat hubungan dalam sopan santun dalam pergaulan terhadap orang-orang yang berbeda sex.


Berikut ini merupakan daftar kebudayaan di pulau Bali yang meliputi rumah adat bali, musik Bali, pakaian daerah serta yang berkaitan dengan seni budaya Bali.

Musik
Rumah bagi ratusan bentuk musik, memainkan peran penting dalam seni dan budaya Indonesia. Jejak asal-usulnya dapat dibuat ke pulau Jawa, Sumatera dan Bali. 'Gamelan' adalah musik tradisional dari Tengah dan Jawa Timur dan Bali. Lain gaya yang sangat populer musik adalah 'Dangdut' yang disertai dengan gaya tari gratis. Gaya ini pertama kali muncul di tahun 1970 dan cukup berguna dalam kampanye politik. Bentuk lain dari musik termasuk keroncong dengan berakar di Portugal, musik Sasando lunak dari Timor Barat dan Degung dan Angklung dari Jawa Barat, yang dimainkan dengan instrumen bambu.

Tari
Tarian tradisional yang menggambarkan episode dari Ramayana dan Mahabharata dari India. semburat Jawa dan tradisional Bali juga terlihat dalam bentuk seni tari dan budaya Indonesia. Tarian yang sangat bergaya pengadilan Yogyakarta dan Surakarta adalah beberapa variasi populer. kejadian mitologis dari Indonesia juga digambarkan.

Drama dan Teater
'Wayang kulit' The wayang Jawa dan Bali pertunjukan teater menampilkan beberapa acara mitologis. Sebuah teater rakyat tradisional, Randai dari orang-orang Minangkabau Sumatera Barat, yang dilakukan selama upacara dan festival. Musik, menyanyi, tari, drama dan seni bela diri silat adalah semua dimasukkan bersama dan didasarkan pada kisah-kisah legenda.

Arsitektur
budaya Indonesia, terutama arsitekturnya telah untuk sebagian besar didominasi dan dipengaruhi oleh India, meskipun pengaruh Eropa juga telah sangat kuat sejak abad kesembilan belas. bangunan tradisional di Indonesia dibangun di atas panggung dengan atap pelana besar yang telah menjadi rumah Batak dan Toraja. The Toraja menggunakan tanduk kerbau, ditumpuk satu di atas lain di depan rumah sebagai indikasi status. Adegan dari Ramayana menghiasi dinding luar dalam warna berbeda. Namun, Cina, Arab, dan pengaruh arsitektur Eropa juga telah cukup signifikan dalam arsitektur Indonesia.

Pakaian Daerah Bali
Pakaian yang berasal dari daerah Bali memiliki banyakt bervariasi, meskipun terkadang secara selintas kelihatannya sama. Di setiap daerah di Bali memiliki ciri khas simbolik dan juga ada ornamen, berdasarkan kegiatan/upacara, jenis kelamin dan umur penggunanya. Dengan melihat hal tersebut di atas bisa di lihat bagaimana status sosial serta status ekonomi seseorang di Bali yaitu dengan mengetahui jenis corak busana dan ornamen perhiasan apa yang dipakainya.


Seni Tradisional Bali
Seni kebudayaan seperti tari Bali pada umumnya di bagi menjadi tiga kategori, diantaranya adalah wali atau seni yaitu tari pertunjukan sakral, bebali atau seni tari pertunjukan yang biasanya untuk upacara dan juga sering di tampilkan untuk untuk pengunjung yang datang ke Bali serta balih-balihan atau seni tari yang sifatnya untuk hiburan. Salah satu jenis seni tarian yang ada di Balidan sangat populer bagi para wisatawan adalah Tari Kecak.

Seni Musik Bali
Jenis musik tradisional Bali sebetulnya memiliki kesamaan dengan musik tradisional yang ada di banyak daerah lainnya di Indonesia. tapi terdapat ciri khas dalam teknik memainkan dan gubahannya yaitu dalam bentuk kecak. Seni kecak yaitu sebentuk nyanyian yang konon menirukan suara kera. Alat musik tradisional di Bali adalah, Gamelan, Jegog, serta Genggong.

Rumah Adat Bali
Jenis Rumah Adat Bali harus sesuai dengan aturan Asta Kosala Kosali seperti layaknya Feng Shui dalam Budaya China.
Masyarakat Bali memiliki filosofi berupa kedinamisan dalam hidup akan tercapai apabila terwujudnya hubungan yang harmonis antara aspek pawongan, palemahan dan parahyangan. Sehingga dalam pembangunan sebuah rumah harus memperhatikan aspek-aspek tersebut atau yang biasa di namakan masyarakat Bali dengan Tri Hita Karana. Pawongan bermakna para penghuni rumah. Sedangkan Palemahan berarti harus ada hubungan yang baik antara penghuni rumah dan lingkungannya.
Hampir setiap bangunan atau arsitektur tradisional yang ada daerah Bali selalu dipenuhi dengan banyak hiasan berupa ukiran, peralatan, serta pemberian warna. Hal tersebut ternyata mengandung arti tertentu sebagai ungkapan keindahan simbol-simbol dan penyampaian komunikasi.

Lukisan Tradisional
lukisan tradisional , setia menggambarkan dan mitologi simbolisme keagamaan, dan modern bertemu dengan lukisan Barat, melahirkan lukisan kontemporer, bebas dalam topik kreatif belum kuat dan berciri khas Bali. Its tari, musik, dan teater wayang, sedangkan telah terus-menerus diperkaya oleh kesenian kontemporer dan eksternal, masih sarat dengan konotasi agama, kebanyakan dilakukan untuk meredakan dan untuk menyenangkan para dewa dan dewi. Ukiran kayu dan batu, emas dan perak kerajinan paralel perkembangan lukisan, anggun berkembang dengan kekuatan eksternal untuk meningkatkan karakter mereka. Batik Bali berutang asalnya ke Jawa, dan terinspirasi pengembangan ikat dan ikat ganda .
« Baca Selengkapnya »

Kamis, 13 September 2012

Agama & Kepercayaan


Antropologi

Keragaman Agama/ Religi/ Kepercayaan di Indonesia
Animisme : kepercayaan kepada roh yang mendiami semua benda.

Ciri-ciri kepercayaan animisme :
1. Pemberian sesaji untuk para roh.
2. Penyembelihan hewan qurban untuk para roh.
3. Berkeyakinan di sekitar tempat tinggal manusia banyak roh.

Dinamisme : kepercayaan yang menganggap benda-benda tertentu memiliki keuatan ghaib.

Totemisme : kepercayaan yang menganggap binatang-binatang tertentu memiliki kekuatan magis.

Polytheisme : kepercayaan yang menyembah kepada dewa-dewa.

Monotheisme : kepercayaan yang menyembah kepada Tuhan Maha Esa.

Panteisme : kepercayaan yang meyakini bahwa Tuhan adalah alam itu sendiri.

Ciri-ciri agama bumi :
a. Kepercayaan terhadap benda-benda yang memiliki kekuatan diluar batas kemampuan manusia.
b. Pengikutnya adalah masyarakat yang tinggal di pedalaman yang masih memiliki pola berpikir yang sederhana.
c. Dasar kepercayaannya adalah ajaran turun menurun dari para nenek moyangnya.
d. Ajaran agama tidak terpisahkan dengan adat istiadat dan kebudayaan dari penduduk.
e. Sesuatu yang disembah adalah dewa-dewi, roh-roh, ataupun kekuatan alam lainnya.

Ciri-ciri agama wahyu :
a. Percaya adanya Tuhan yang menciptakan dan menguasai alam semesta.
b. Adanya pedoman untuk menjalani keagamaan yaitu kitab suci.
c. Kebenaran yang dinyakini adalah mutlak.
d. Isi ajarannya adalah perintah keagamaan dan larangan keagamaan.

Perbedaan agama wahyu dan agama bumi :
Agama wahyu disampaikan oleh Rasul utusan Tuhan, agama bumi tidak disampaikan oleh Rasul.

Fungsi agama dalam kehidupan bermasyarakat : pemersatu.
Bukti : agama mengajarkan manusia untuk hidup rukun dengan sesama.

Dampak negatif perilaku keagamaan :
1. Fanatisme yang berlebihan
2. Kesombongan religius yang berlebihan.
3. Pemaksaan kehendak terhadap orang lain.
« Baca Selengkapnya »

Rabu, 12 September 2012

Sistem Komputer dan Komponen Komputer


Sistem dan Komponen Komputer
Input, Output, dan Storage

Komputer terdiri dari kesatuan, sub- sistem- sub-sistem yang membentuk suatu sistem. Sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri dari komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi (hasil pengolahan data menjadi bentuk yang lebih berarti). Sistem bekerja sama untuk menjalankan suatu fungsi.
Informasi, data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih bararti bagi yang menerimanya.
Data adalah Kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan yang nyata
Data adalah representasi dunia nyata yang mewakili suatu object seperti manusia,hewan,peristiwa,konsep keadaan dll, yang direkam dalam bentuk angka, huruf, simbol,teks gambar, bunyi atau kombinasi
Karakteristik dari informasi yang baik:
- Infromation must be Partinent
- Information must be Accurate
- Information must be timely
- Information must be Relevan

Konsep Dasar Sistem
Difinisi Sistem Yang menekankan pada Prosedur adalah : Suatu jaringn kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu.
Difinisi Sistem Yang menekankan pada Kompenen adalah : Sistem sebagai kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Sistem Sederhana dan Sistem Kompleks
 Sistem Sederhana: Sistem yang tidak rumit atau sistem dengan tingkat kerumitan rendah
(Contohnya: Sistem Mesin Ketik)
 Sistem Kompleks: Sistem yang rumit
(Contohnya: Sistem Komputer)

Komponen terdiri dari:
Supra sistem – sistem – sub sistem.
Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware).

Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi:
1. Peralatan Masukan (Input Device)
2. Peralatan Pemrosesan (Process Device)
3. Peralatan Keluaran (Output Device)

INPUT DEVICE
Peralatan masukan berfungsi sebagai media untuk memasukkan data (kumpulan fakta yang belum mengandung arti) dari luar sistem ke dalam suatu memori dan prosesor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Alat input langsung memerintahkan CPU, input langsung selalu berkaitan dengan keyboard, mouse, scanner, MouseTouchpad, microphone, scanner, wabcam. Instruksi yang diinput akan langsung diperoses oleh process device.

PROCESS DEVICE
Peralatan proses merupakan unit proses utama dan terpenting dalam komputer yang
mengendalikan seluruh proses pengolahan data mulai dari membaca data dari
peralatan input, mengolah atau memproses sampai pada mengeluarkan informasi ke
peralatan Output. Contoh komponen process device adalah Motherboard, Processor,
RAM, Video Card, Sound Card.

OUTPUT DEVICE
Peralatan keluaran yaitu peralatan yang berfungsi untuk menampilkan data, instruksi dan informasi dalam bentuk teks dan grafik atau gambar. Contoh: monitor, speaker, dan printer.

Komponen Sistem Komputer
• Hardware ( Perangkat Keras )
• Software ( Perangkat Lunak)
• Data dan Informasi
• Prosedur (procedure)
• Brainware ( Manusia)

Hardware
Komponen fisik yang digunakan untuk aktifitas Input, proses, Output dan penyimpanan pada suatu sistem komputer .
PERANGKAT KOMPUTER
1. Processor
Processor adalah perangkat utama komputer yang bekerja layaknya otak pada manusia, processor adalah perangkat keras komputer yang di gunakan sebagai tempat pemprosesan data utama. Saat ini ada dua pabrikan processor yang mendominasi yaitu processor inter dan processor AMD, keduanya sama saja perbedaan hanya dari segi kualitas dan harga. Fungsi utama perangkat keras komputer ini adalah memproses semua informasi yang di input kemudian memeberikan output tindak lanjut proses pada hardware lain. Selain itu kualitas dari processor sangat berpengaruh terhadap seberapa handal komputer dalam melakukan peroses data.

2. Motherboard
Motherboard adalah papan sirkuit yang di guanakan untuk menempatkan Perangkat keras komputer lainnya seperti Processor, RAM dan sebagainya. Pada Motherboard terdapat rangkaian elektronik yang komplit untuk menghubungkan antara perangkat keras komputer. Kualitas motherboard yang baik mampu menjaga kesinambungan data (proses) antara sesama hardware dan menjaga konsumsi listrik dan panas yang di timbulkan oleh Perangkat keras komputer.

3. Chipset
Chipset adalah perangkat keras komputer yang masih terpasang pada motherboard, chipset berfungsi sebagai penghubung processor ke seluruh bagian motherboard. Chipset terdiri dari dua yaitu Northbridge dan Southbridge semua bagian komputer berkomunikasi dengan CPU melalui perangkat keras chipset. Northbridge menghubungkan secara langsung ke prosesor melalui Front Side BUS (FSB). Sebuah memory controller terletak pada Northbridge, yang memberikan akses cepat CPU ke memori . Perangkat keras komputer Northbridge juga terhubung ke AGP atau PCI Express bus dan ke memori itu sendiri. Sedangkan Southbridge lebih lambat dari Northbridge, dan informasi dari CPU harus melalui Northbridge sebelum mencapai southbridge. Bus lain terhubung Southbridge ke bus PCI, USB port dan IDE atau SATA koneksi hard disk.
4. AGP

Singkatan dari Accelerated Graphics Port. Fungsinya adalah menyalurkan data dari kartu grafis ke CPU tanpa harus melalui memori utama, dengan demikian proses pengolahan data grafis dapat dipercepat. Kelebihan lain AGP ini adalah kemampuannya untuk mengeksekusi texture maps secara langsung dari memori utama. Datang dengan berbagai cita rasa, saat ini kebanyakan motherboard menyertakan bus AGP 4X yang bekerja pada frekuensi 266MHz. Untuk sekarang ini, port AGP ini baru digunakan buat memasang kartu grafis yang notabene lebih cepat ketimbang memakai bus PCI. Akan tetapi, beberapa motherboard terbaru sudah menyertakan port AGP Pro yang bisa dipasangi baik kartu grafis berbasis AGP 4X maupun yang berbasis AGP Pro sendiri

5. Soket Memori

Soket ini merupakan tempat untuk menempatkan memori pada motherboard. Soket memori memiliki bentuk yang berbeda untuk jenis memori yang berbeda pula. Kebanyakan motherboard memiliki slot sebanyak 3 atau 4 buah, tergantung dari chipset yang digunakan. Untuk memori SDRAM, soket DIMM yang harus dimiliki adalah soket 168 pin, sementara untuk memori jenis DDR, soket yang dipasang adalah soket 184 pin.

6. Soket Prosesor

Merupakan tempat untuk menaruh prosesor. Kalau jaman dahulu, masih ada pilihan lain selain sistem soket yaitu sistem slot. Namun, setelah era PentiumIII generasi kedua, tipe slot ini kemudian ditinggalkan lantaran ongkos produksinya yang lebih mahal ketimbang memakai soket. Untuk urusan soket prosesor ini, pilihlah motherboard dengan soket prosesor yang tepat. Soket 370 untuk prosesor Intel PentiumIII dan Celeron, soket A untuk prosesor AMD Athlon dan Duron, serta soket 423/478 untuk prosesor Pentium4.

7. CMOS

Singkatan dari Complementary Metal Oxide Semiconductor. Dari bentuknya sudah kelihatan, ia merupakan komponen berbentuk IC (integrated circuit) Yang fungsinya menampung setting BIOS dan dapat tetap menyimpan setting-annya selama baterai yang mendayainya masih bagus.

8. Soket Catu Daya (power supply, fan)

Fungsinya untuk menyuplai tenaga kepada semua komponen yang tersambung pada motherboard.

9. Konektor Casing

Berfungsi untuk menyambungkan tombol/ saklar dan indicator pada casing ke motherboard. Pada motherboard yang berbasis Pentium 4, disertakan pula sebuah port konektor tambahan sebesar 12 volt agar prosesor bisa bekerja.

10. Paralel Port

Untuk Menghubungkan Printer

11. USB Port

Untuk menghubungkan device yang mensupport Usb,
seperti: Flashdisk, mouse&keyboard USB, harddisk External, Kabel data, Dan perangkat lainnya

12. Random Access Memory (RAM)

RAM atau Random Access Memory adalah bagian perangkat keras komputer yang digunakan sebagai penyimpanan data sementara sehingga memudahkan Processor dalam memproses data. RAM bisa di katakan hardisk dan semacamnya tetapi jauh lebih cepat dalam memproses data, Tetapi apa bila komputer dalam kondisi OFF Memory RAM akan kosong artinya tdk bisa menyimpan data dalam jangka panjang, RAM akan terisi memory dalam hal ini intruksi ketika komputer mulai bekerja dan di gunakan untuk meringankan kerja processor salah satu Perangkat keras komputer

13. Layar Monitor

Layar monitor adalah perangkat keras komputer yang di gunakan untuk menampilkan hasil pemprosesan data pada CPU untuk di kelola lebih lanjut. Monitor komputer punya peran penting dalam menganalisa, mengelola data dari CPU.

14. Hard Disk

Hardisk adalah Perangkat keras komputer sebagai pusat penyimpanan data secara permanen, hardisk bertindak sebagai penyimpanan data utama yang kemudian berfungsi sebagai data server. Hasil kerja CPU akan di simpan di hardisk dan sejenisnya. Kelebihan hardisk di banding RAM adalah, data hasil proses bisa di simpan dan kemudian di gunakan pada waktu yang berbeda.
Hard disk (atau disk) adalah yang paling penting dari berbagai jenis penyimpanan permanen yang digunakan dalam PC (yang lainnya adalah disket dan media penyimpanan lainnya seperti CD-ROM, removable drive, dll) hard disk berbeda dari yang lain terutama dalam tiga cara: ukuran (biasanya lebih besar), kecepatan (biasanya cepat) dan permanen (biasanya tetap di PC dan tidak dapat dilepas).

15. Mouse

Mouse adalah perangkat keras komputer yang di gunakan untuk mengontrol pergerakan cursor pada komputer, Mouse di ciptakan untuk memudahkan brainware (pengguna) dalam mengelola data/objek pada komputer yang sebetulnya bisa di kerjakan oleh keyboard, tetapi dengan menggunakan mouse akan nampak lebih mudah. Mouse sangat berfungsi ketika bekerja dengan grafis dan edit video ataupun aplikasi game lainnya.

16. Keyboard

Sama dengan Mouse, Perangkat keras komputer keyboard di gunakan untuk menginput data ke CPU, dengan keyboard dapat memudahkan pembuatan document dan sejenisnya pada komputer. Sebuah keyboard terdiri dari huruf abjad, angka dan symbol yang kemudian bisa berkomunikasi data dengan CPU sehingga bisa berproses dan menghasilkan output pada monitor atau lainnya .
Diluar komponen-komponen yang sudah kita sebut diatas, ada pula perangkat keras komputer yang tidak semua komputer memilikinya:

Uninterruptable Power Supply (UPS)
Sering disebut juga sebagai baterai cadangan, fungsi utama UPS adalah menyimpan dan menyediakan cadangan listrik yang akan digunakan ketika sumber listrik utama padam. Selain sebagai cadangan listrik, kebanyakan UPS juga berfungsi sebagai “stabilizer” yang mengatur aliran listrik agar sesuai dengan yang dibutuhkan.
Printer dan Scanner
Printer berfungsi sebagai alat output cetak dari dokumen elektronik baik bentuk teks maupun grafis. Pada komputer rumahan biasanya menggunakan kertas sebagai media cetaknya. Sedangkan fungsi scanner adalah kebalikan dari printer yaitu memindai input data dari luar komputer ke dalam bentuk elektronik yang dapat diolah secara digital.
Speaker
Fungsi dari speaker adalah sebagai alat output suara yang dihasilkan dari komputer. Selain speaker, sering juga kita temukan orang yang menggunakan headphone/headset sebagai alat output suara.
Sound Card (Kartu suara)
Fungsinya sebagai penghubung antara komputer dan alat output audio seperti speaker
Modem
Alat ini berfungsi untuk menghubungkan komputer ke internet
LAN Card
Fungsinya sebagai penghubung komputer dalam suatu jaringan
Media Penyimpanan (storage):
Media penyimpanan adalah tempat menyimpan hasil input. Dalam perkembangannya media penyimpanan memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing tergantung dari kapasitas penyimpanan, kecepatan akses, mobilitas, kemampuan menulis dan membaca data serta harga yang ditawarkan. Pada bagian ini kita akan membahas tentang berbagai media penyimpanan dan satuan ukuran kapasitas media penyimpanan.
1. Hard Disk Drive(HDD)
Hard-disk berfungsi sebagai tempat penyimpanan data utama dalam sebuah sistem komputer. Sistem Operasi , aplikasi, dan dokumen-dokumen disimpan pada hard-disk ini. Pada PC terbaru, ada juga perangkat keras baru yang bernama Solid State Drive (SSD). Fungsinya sama seperti hard-disk, namun menawarkan kecepatan transfer data yang lebih cepat. Hard disk adalah media penyimpanan dengan kapasitas penyimpanan mulai dari ratusan megabyte hingga ratusan gigabyte dan akan terus bertambah sesuai dengan kemajuan teknologi komputer. Kecepatan putaran ketika membaca dan menuliskan data menentukan kecepatan akses data ke hard disk, oleh sebab itu akses data ke hard disk adalah yang tercepat dibandingkan media penyimpanan yang lain. Hard disk adalah media penyimpanan yang terbuat dari magnetik disk. Hard disk didisain untuk menyimpan data dalam jumlah besar. Letak hard disk ada di dalam cpu. Media penyimpanan ini memerlukan arus listrik sehingga dapat dilihat di dalam cpu bahwa hard disk dihubungkan oleh power supply. Data dalam hard disk diletakkan pada piringan magnetik pada lingkaran-lingkaran yang disebut dengan track. Tiap track dibagi dalam beberapa segment yang dikenal sebagai sector. Untuk melakukan operasi baca tulis data dari dan ke piringan, harddisk menggunakan head untuk melakukannya, yang berada disetiap piringan. Head inilah yang selanjut bergerak mencari sector-sector tertentu untuk dilakukan operasi terhadapnya. Waktu yang diperlukan untuk mencari sector disebut seek time. Setelah menemukan sector yang diinginkan, maka head akan berputar untuk mencari track. Waktu yang diperlukan untuk mencari track ini dinamakan latency. Dilihat dari koneksinya, hard disk ada dua macam. Yakni hard disk SATA dan hard disk IDE.
2. Optical Disc Drive
Optical drive biasa juga dikenal dengan nama CD Drive, DVD Drive atau ODD. Fungsi dari perangkat ini adalah untuk membaca dan juga menyimpan data dari dan ke media cakram optik seperti CD , DVD, atau Blu-Ray Disc.
3. Compact Disc
Compact disc atau sering disebut dengan CD adalah piringan optikal yang digunakan sebagai media penyimpanan data. Compact disc dapat dibaca melalui media yang disebut dengan CD ROM atau DVD ROM. Pada awalnya compact disc digunakan sebagai media penyimpan audio. Namun seiring dengan perkembangan, media ini digunakan juga sebagai media penyimpan umum selain audio. Ukuran compact disc ada beberapa macam. Secara umum berdiameter 12 centimeter. Untuk ukuran dibawahnya adalah 8 centimeter. Kapasitas compact disc 700 mb.
4. Disket
Disket fungsinya sama dengan hard disk, hanya kapasitasnya menyimpan data sangat kecil, selain itu disket juga mempunyai akses data yang lambat, disket juga rentan terhadap kerusakan. Kapasitas disket saat ini adalah 1,44 MB dengan ukuran 3,5 inchi, dahulu kapasitas disket 1,2 MB untuk ukuran 5,25 inchi. Kelebihan disket dapat memindahkan data dari satu komputer ke komputer tanpa terhubung dengan jaringan. Disket adalah media penyimpanan yang terbuat dari piringan magnetik. Penggunaan disket saat ini sudah jarang ditemui. Meskipun di beberapa tempat masih ada yang menggunakan. Hal ini disebabkan disket memiliki daya tampung yang sangat kecil untuk ukuran saat ini.
5. Flashdisk
Fungsi utama flash disk sebagai media penyimpanan data. Alat ini berukuran kecil dan sangat mudah dipindah-pindah. Untuk mengakses flashdisk ini cukup dengan menancapkan pada port usb dan secara otomatis sistem operasi contohnya Linux akan langsung mendeteksi.

Komponen Hardware
• Central Processing Unit (CPU)
• Media penyimpanan (Storage) atau Memory (Primary and Secondary Storage)
• Input Device (Peralatan Input)
• Output Device (Peralatan Output)
• Communication Device (Peralatan Komunikasi)
CPU (Central Processing Unit)
Bagian dari komputer yang mengeksekusi atau menjalankan instruksi – instruksi dari program dan memproses data seperti perhitungan .
Program rangkaian atau kumpulan instruksi yang bertujuan menjalankan suatu tugas tertentu.

Komponen CPU
• Control Unit
berfungsi untuk mengawasi dan mengatur aktivitas komputer
• Arithmatic Logic Unit ( ALU)
berfungsi melakukan perhitungan/operasi aritmatika dan logika

SIKLUS MESIN (MACHINE CYCLE)
Proses dari suatu intruksi bahasa mesin Siklus mesin terdiri dari tahapan – tahapan proses yang dilakukan oleh mesin (CPU), di mana seluruh proses diatur oleh Control Unit dan bekerja sama dengan ALU dan memory.
Tahapan Siklus Mesin
1. Fetch , tahap pengambilan ( membaca ) intruksi dari memory
2. Decode, Tahap menterjemahkan instruksi ke dalam perintah – perintah yang dapat dimengerti oleh komputer.
3. Execute, Menjalankan (mengeksekusi) aksi (action) dari instruksi yang diterima.
4. Store, Penyimpanan hasil proses ke memory

Register
• merupakan tempat penampungan/penyimpanan sementara (temporary storage) yang ada di prosesor (bukan di memori utama).
Kemampuan Register
• Register dapat menyimpan instruksi, alamat penyimpanan, atau jenis data lainya.
• Register dapat memindahkan data dan intruksi lebih cepat dari pada memori utama, dan juga dapat menyimpan data atau instruksi yang akan diproses dan hasil proses tersebut.
• Register juga dapat membantu ALU dalam menjalankan operasi aritmatika dan logika.

Tipe Register
1. Storage Register ( Register Penyimpanan), Register yang menampung/menyimpan data sementara yang dipindahkan dari memori dan menerima hasil proses yang akan dikirim ke memori.
2. Address Register ( Register alamat), Register yang menyimpan alamat – alamat data, yang akan digunakan untuk menjalankan(executing) instruksi.
3. Accumulator, Register yang berfungsi menyimpan hasil perhitungan aritmatika. Dari accumulator, data kemudian dipindahkan ke memori atau register lain untuk diproses lebih lanjut.
4. General Purpose Register, Register yang dapat menyimpan data, alamat hasil perhitungan aritmatika.

Kemampuan Prosesor
Komputer dapat melakukan jutaan hitungan perdetik secara konsisten (tetap), Akurat dan reliabilitas (Dapat dipercaya)
Terdapat 3 elemen (kompenen) yang dapt mempengaruhi kecepatan komputer Yaitu :
• System Clock
• Bus Width
• Word Size
« Baca Selengkapnya »